Laman

Selasa, 11 Desember 2012

Suyit Ratno
Mahasiswa  Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan
e-mail : suyitratno@yahoo.com

4 TEORI BELAJAR

1. TEORI BELAJAR PIAGET
1. bagaimana bentuk pengetahuan dalam benak orang yang sedang belajar?
    Pengetahuan datang dari tindakan, perkembangan koognitif sebagian besar bergantung kepada seberapa jauh anak aktif memanipulasi dan aktif berinteraksi dengan lingkungannya.

2. Bagaimana caranya pengetahuan itu terbentuk?
    Pengetahuan itu terbentuk dengan cara tindakan yakni pengalaman-pengalaman fisik dan manipulasi lingkungan penting bagi terjadinya perubahan perkembangan. Interaksi social dengan teman sebaya khususnya berargumentasi dan berdiskusimembantu memperjelas pemikiran yang pada akhirnya memuat pemikiran itu menjadi logis

3. Apa yang harus dilakukan oleh guru kepada pembelajar untuk terus menerus memperoleh pembelajaran atau pembentukan pengetahuan?
    1. memusatkan perhatian kepada cara berfikir atau proses mental anaktidak sekedar pada hasilnya
    2. mengutamakan peran siswa dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar
        3. memaklumi akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan
        4. mengutamakan peran siswa untuk saling berinteraksi


4. Bagaimana mengatur situasi dan kondisi agar pembelajaran terjadi?
    Guru harus mengupayakan untuk mengatur aktivitas di dalam kelas yg terdiri dari individu-individu ke dalam bentuk kelompok-kelompok kecil siswa dari pada aktifitas dalam bentuk klasikal


2. TEORI BELAJAR BANDURA

1. bagaimana bentuk pengetahuan dalam benak orang yang sedang belajar?
    Teori Albert Bandura lebih lengkap dibandingkan teori belajar sebelumnya , karena itu menekankan bahwa lingkungan dan perilaku seseorang dihubungkan melalui system kognitif orang tersebut. Bandura memandang tingkah laku manusia bukan semata – mata reflex atas stimulus ( S-R bond), melainkan juga akibat reaksi yang timbul akibat interaksi antara lingkungan dengan kognitif manusia itu sendiri.

2. Bagaimana caranya pengetahuan itu terbentuk?
    ketika siswa belajar mereka dapat merepresentasikan atau mentrasformasi pengalaman mereka secara kognitif. Bandura mengembangkan model deterministic resipkoral yang terdiri dari tiga faktor utama yaitu perilaku, person/kognitif dan lingkungan. Faktor ini bisa saling berinteraksi dalam proses pembelajaran. Faktor lingkungan mempengaruhi perilaku, perilaku mempengaruhi lingkungan, faktor person/kognitif mempengaruhi perilaku. Faktor person Bandura tak punya kecenderungan kognitif terutama pembawaan personalitas dan temperamen. Faktor kognitif mencakup ekspektasi, keyakinan, strategi pemikiran dan kecerdasan.

3. Apa yang harus dilakukan oleh guru kepada pembelajar untuk terus menerus memperoleh pembelajaran atau pembentukan pengetahuan?
bahwa aspek perhatian pelajar terhadap apa yang disampaikan atau dilakukan oleh guru dan aspek peniruan oleh pelajar akan dapat memberikan kesan yang optimum kepada pemahaman pelajar.
Eksperimen Pemodelan Bandura :
Kelompok A = Disuruh memperhatikan sekumpulan orang dewasa memukul, menumbuk, menendang, dan menjerit kearah patung besar Bobo.
Hasil = Meniru apa yang dilakukan orng dewasa malahan lebih agresif
Kelompok B = Disuruh memperhatikan sekumpulan orang dewasa bermesra dengan patung besar Bobo
Hasil = Tidak menunjukkan tingkah laku yang agresif seperti kelompok A
Rumusan :
Tingkah laku anak – anak dipelajari melalui peniruan / permodelan adalah hasil dari penguatan.
Hasil Keseluruhan Eksperimen :
Kelompok A menunjukkan tingkah laku yang lebih agresif dari orang dewasa. Kelompok B tidak menunjukkan tingkah laku yang agresif


4. Bagaimana mengatur situasi dan kondisi agar pembelajaran terjadi?
1. Unsur pembelajaran utama ialah pemerhatian dan peniruan
2. Tingkah laku model boleh dipelajari melalui bahasa, teladan, nilai dan lain – lain
3. Pelajar meniru suatu kemampuan dari kecakapan yang didemonstrasikan guru sebagai model
4. Pelajar memperoleh kemampuan jika memperoleh kepuasan dan penguatan yang positif
5. Proses pembelajaran meliputi perhatian, mengingat, peniruan, dengan tingkah laku atau timbal balik yang sesuai, diakhiri dengan penguatan yang positif

3. TEORI BELAJAR VIGOTSKY

1. bagaimana bentuk pengetahuan dalam benak orang yang sedang belajar?
    Karya Vygotsky didasarkan pada tiga ide utama: (1) bahwa intelektual berkembang pada saat individu menghadapi ide-ide baru dan sulit mengaitkan ide-ide tersebut dengan apa yang mereka telah ketahui; (2) bahwa interaksi dengan orang lain memperkaya perkembangan intelektual; (3) peran utama guru adalah bertindak sebagai seorang pembantu dan mediator pembelajaran siswa (Nur, 2000b: 10).

2. Bagaimana caranya pengetahuan itu terbentuk?
Dengan cara proses encoding akan didukung dengan interaksi yang terjadi dalam Pembelajaran Kooperatif. Pembelajaran dengan metode Pembelajaran Kooperatif dilandasakan pada teori Cognitive karena menurut teori ini interaksi bisa mendukung pembelajaran.


3. Apa yang harus dilakukan oleh guru kepada pembelajar untuk terus menerus memperoleh pembelajaran atau pembentukan pengetahuan?
Langkah pertama dari pengaturan diri dan pemikiran mandiri adalah mempelajari bahwa segala sesuatu memiliki makna. Langkah kedua dalam pengembangan struktur-struktur internal dan pengaturan diri adalah latihan. Siswa berlatih gerak-gerak isyarat yang akan mendatangkan perhatian. Kemudian langkah terakhir termasuk penggunaan isyarat dan memecahkan masalah tanpa bantuan orang lain.

4. Bagaimana mengatur situasi dan kondisi agar pembelajaran terjadi?
mengajarkan siswa menjadi percaya pada guru, kemampuan untuk berfikir, mencari informasi dari sumber lain dan belajar dari siswa lain; mendorong siswa untuk mengungkapkan idenya secara verbal dan membandingkan dengan ide temannya; dan membantu siswa belajar menghormati siswa yang pintar dan siswa yang lemah, juga menerima perbedaan



4. TEORI BELAJAR BRUNNER

1. bagaimana bentuk pengetahuan dalam benak orang yang sedang belajar?
    Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. belajar penemuan sesuai dengan pencarian pengetahuan secara aktif oleh manusia, dan dengan sendirinya memberikan hasil yang paling baik.


2. Bagaimana caranya pengetahuan itu terbentuk?
    Anak akan berusaha membandingkan realita di luar dirinya dengan model mental yang telah dimilikinya dan dengan pengalamannya anak akan mencoba menyesuaikan atau mengorganisasikan kembali struktur-struktur idenya dalam rangka untuk mencapai keseimbangan di dadalam benaknya.

3. Apa yang harus dilakukan oleh guru kepada pembelajar untuk terus menerus memperoleh pembelajaran atau pembentukan pengetahuan?
Guru harus melakukan pemahaman bahwa pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari pikiran guru ke pikiran siswa. Artinya, bahwa siswa harus aktif secara mental membangun struktur pengetahuannya berdasarkan kematangan kognitif yang dimilikinya.

4. Bagaimana mengatur situasi dan kondisi agar pembelajaran terjadi?
bahwa perolehan pengetahuan merupakan suatu proses interaktif .Bahwa orang mengkontruksi pengetahuannya dengan menghubungkan informasi yang masuk dengan informasi yang disimpan yang diperoleh sebelumnya, suatu model alam (model of the world).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer